AMP Serukan Aksi Peringati Aneksasi Papua Ke Indonesia ©Baroq
AMP Serukan Aksi Peringati Aneksasi Papua Ke Indonesia ©Baroq

AMP |Kota Malang- Bertepatan dengan hari Aneksasi Papua ke Indonesia, ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), sampaikan aspirasi di Depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jalan Tugu, Kota Malang, Jum’at (01/05/2015).

Hal tersebut diungkapkan oleh juru bicara AMP, Salmon Pekei. Pihaknya mengatakan, hari ini merupakan hari pertama kali militer turun ke tanah Papua, dan pada hari tersebut memunculkan kekerasan seperti pemerkosaan, pembunuhan.

selain itu, mereka juga menyampaikan beberapa tuntutan diantaranya meminta pemerintah Indoesia untuk memberikan kebebasan rakyat Papua untuk menentukan nasibnya sendiri. “kami sebagai bangsa Papua, kami meminta pemerintah Indonesia untuk memberikan kebebasan kami untuk menentukan nasib kami sendiri sebagai Rakyat Papua,” Ujar Salmon usai melakukan Orasi.

Pihaknya juga menyampaikan, agar perusahaan-perusahaan yang ada di tanah Papua ditutup, karena menurutnya itu yang paling banyak memicu terjadinya kekerasan.

sementara itu, Salmon juga berharap agar pemerintah membuka hati melihat kenyataan yang terjadi di Papua. “Kami berharap pemerintah membuka mata hati mereka untuk melihat kenyataan yang terjadi di Papua” Pungasnya. [sa]