Welcome to La Pago ★ Heart of Papua ★ Voice of the Free Papua Central Highlands Region of Papua ★ Perjuangan Melawan Antara Tipu dan Benar, Benar Melawan Tipu".
Headlines News :
Home » , , , , » Syarat-syarat untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Syarat-syarat untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Syarat-syarat untuk Menjadi Seorang Pemimpin

Jika anda berniat dan berminat untuk menjadi seorang pemimpin, baik dalam jabatan politik, pemerintahan, swasta dan organisasi kemasyarakatan, maka diperlukan prasyarat yang harus anda miliki. Syarat-syarat tersebut tidak banyak, hanya 5 (lima) persyaratan saja. Seperti yang lazim berlaku dalam Kepemimpinan Islam, yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shollahualaihiwassaalam, yakni Sidiq, Tabligh, Amanah dan Fathonah. Nah disini Penulis cuma menerjemahkan secara harfiah dan berlaku untuk siapa saja, asalkan anda atau saya sanggup untuk menjalaninya.Jika anda SIAP, maka persyaratan yang harus anda jalani adalah berupa RUMUS 5 (lima) B. Apakah itu??

Pertama: BANYAK MENDENGAR;
Kedua: BANYAK  MELIHAT;
Ketiga: BANYAK MERASAKAN;
Keempat: BANYAK MEMIKIRKAN;
Kelima: BANYAK BERBUAT.

Nah, jika kelima syarat tadi anda renungkan dan anda pahami, Insya Allah anda akan layak jadi pemimpin terpilih.

Penjabarannya demikian:

BANYAK MENDENGAR: Anda harus rajin dan sering menerima keluhan, kritikan dan masukan dari orang yang akan anda pimpin (jika baru tahap akan menjadi pemimpin).

BANYAK MELIHAT: Anda harus rajin dan sering meninjau atau mengunjungi tempat-tempat yang akan menjadi target pekerjaan atau program. Lihatlah penderitaan masyarakat/rakyat yang akan anda pimpin, jangan hanya mendengar laporan orang lain. Catatlah setiap kejadian, renungkan dan perbuatlah kemudian hari.

BANYAK MERASAKAN: Anda harus rajin dan sering mengumpamakan bahwa penderitaan mereka (masyarakat/rakyat) adalah menimpa diri anda atau keluarga anda. Jangan sepelekan mereka dan jangan rendahkan mereka.

BANYAK MEMIKIRKAN: Anda harus dan sering memikirkan bagaimana cara penyelesain terbaik atas semua persoalan yang dihadapi oleh orang yang anda pimpin.

BANYAK BERBUAT: Anda harus dan sering menerjemahkan semua keluhan, kritikan atau bahkan mungkin cemoohan dari orang yang anda pimpin. Berikan perhatian khusus dan buat rancangan program terbaik, jadikan semua itu pemicu dan pemacu semangat kerja anda.Berbuat semaksimal dan seoptimal mungkin. Jangan lupa berdo’a kepada Allah Subhanhuwata’ala

Source : KOMPASIANA
Share this post :